Jika anda menginginkan wisata religi di kota Jogja, maka Masjid Kotagede Yogyakarta adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi. Mengapa demikian? Sebab Masjid ini termasuk masjid tertua di kota Jogja yang masih digunakan untuk aktifitas umat muslim Jogja terutama warga muslim Kotagede.

Seputar Masjid Kotagede Yogyakarta

 

Sejarah Masjid Kotadede

masjid-kotagede-yogyakarta

Masjid Kotagede dibangun pada masa kerajaan Mataram sekitar tahun 1640. Dibangun oleh sultan Agung dan dibantu oleh masyarakat setempat yang kala itu masih beragama Hindu dan Budha.Hingga kini masjid ini masih berdiri hingga sekarang dan menjadi kebanggan tersendiri bagi umat muslim Kotagede Yogyakarta.

Masjid Kotagede ini sering terkenal juga dengan nama Masjid Agung Mataram Kotagede karena dibangun pada masa Kerajaan Mataram. Masjid ini dibangun dengan dua tahapan yaitu tahap pertama dibangun pada masa Sultan Agung. Kala itu Sultan Agung hanya membangun bangunan pada inti masjid.

Kemudian pada tahap kedua, pembangunan dilanjutkan oleh Raja Kasunanan Surakarta, Paku Buwono X.penambahan bangunan yang dilakukan oleh Paku Buwono X yaitu mengganti tiang dengan berbahan besi.

Arsitektur Masjid Kotagede

masjid-agung-mataram-kotagedeBangunan arsitektur Masjid Agung Mataram Kotagede ini termasuk bangunan yang unik karena memadukan dua unsur budaya yaitu Hindu dan Islam. Karena pada waktu itu masyarakat kebanyakan masih menganut ajaran agama Hindu.

Jika anda mengunjungi masjid ini anda akan melihat Mustaka/ Mastaka yang berada di puncak atap masjid. Anda akan melihat sebuah Gada yang memiliki ukran besar dengan hiasan ornamen berbentuk daun. Lambang Gada di puncak atap masjid ini sebagai simbol Ke-Esa-an Allah SWT.

Bangunan masjid ini termasuk bangunan jawa karena berbentuk limasan. Ciri-ciri bangunan limasan ini yaitu atap berbentuk limas dan terdapat ruangan inti dan serambi.

Keunikan Masjid Kotagede

Ada beberapa keunikan yang melekat pada Masjid Mataram iniyang masih bisa dilihat hingga sekarang diantaranya seperti dibawah ini:

– Bedug Lama , bedug ini konon adalah hadiah dari Nyai Pringgit.
Mimbar khotbah : Mimbar ini merupakan hadiah dari Sultan Palembang kepada Sultan Agung.
Batu Marmer Aksara jawa : batu ini melekat pada bagian tembok yang mengelilingi bangunan masjid.
pohon beringin yang usianya sudah ratusan tahun.Konon, pohon beringin ini sudah ada sejak masa pembangunan masjid ini.

 

Lokasi Masjid Kotagede Jogja

Masjid Agung Kotagede ini bisa anda kunjungi di Jalan Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta. Masjid Agung Kotagede ini juga berdekatan dengan Pasar Kotagede Jogja. AUntuk bisa menuju Masjid Mataram Yogyakarta ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Masjid kotagede sangat bagus untuk wisata religi atau ziarah karena juga berdekatan dengan Makam Raja Mataram Kotagede. Masjid ini terbuka untuk umum dan gratis. Anda hanya membayar uang parkir sekitar Rp.1000 – 2000 saja. Anda berminat datang ke lokasi ini?

Mau Sewa Mobil Jogja Murah?

Dapatkan harga istimewa diĀ  partner kami rental mobil jogja njogja.co.id